Saturday, June 16, 2012

Sekilas Mengenai Marga Panjaitan






Sekilas mengenai marga Panjaitan



Penting sekali kita mengenal lebih dalam adat yang kita miliki. Mendengar kata “PANJAITAN” tentu masyarakat Indonesia pada umumnya tau bahwa Panjaitan itu adalah sebuah Marga yang ada pada suku Batak di Indonesia, akan tetapi tidak sedikit pula yang tidak tau bahwa panjaitan adalah sebuah Marga, itu sudah saya buktikan ketika tiba di Pulau Jawa tepatnya di Yogyakarta. Ada sebagian orang yang mengira bahwa Panjaitan hanya sebuah nama biasa seperti halnya nama Bambang atau Suharto di daerah Jawa, yang banyak kesamaan nama pemakainya tapi tidak ada hubungan darah.

Sedih sekali saya mendengarnya tapi tetap saya menjelaskannya, namun demikian ada 1 hal yang selalu membanggakan saya karena hampir 100 % semuanya mengenal Panjaitan, itu tidak lain karena memang marga Panjaitan itu sangat di kenal di Indonesia karena termasuk marga yang banyak memiliki tokoh sukses di NKRI. Ada yang di TNI,  Polri, birokrasi, pengusaha hingga dunia politik.  Sebut saja Pahlawan Revolusi D.I Panjaitan, Letnan Jenderal (Purn) TNI Sintong Panjaitan, Jendral (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan, Letnan Jendral TNI Hotmangaradja Pandjaitan (putra dari D.I Panjaitan), dari kalangan seniman ada PANBERS (Panjaitan Bersaudara)Christine Panjaitan dan sekarang yg lagi ngetop Astrid Tiar br Panjaitan (Pembawa acara di Stasiun TV channel RCTI), di dunia politik ada Trimedia Panjaitan SH, MH salah satu kader PDI Perjuangan yang sangat handal dan tidak perlu diragukan lagi ke piawaiannya, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, sesuai dengan judul di atas untuk berikutnya akan ceritakan mengenai marga Panjaitan secara singkat saja.

Kalau dilihat dari daftar induk marga – marga yang ada ditanah batak marga Panjaitan berinduk kepada marga seperti dibawah ini :
NAISUANON : * Tuan Sorba Dibanua * Raja Tunggul
A. Tuan Sorba Dibanua
1. Sibagot Nipohan :
a. Tuan Sihubil (Tampubolon)
b. Tuan Dibangarna (Panjaitan, Silitonga, Siagian, Sianipar)
c. Tuan Somanimbil (Siahaan, Simanjuntak, Hutagaol)
d. Sonak Malela (Simangunsong, Marpaung, Napitupulu, Pardede)
2. Sipaet Tua (Hutahaean, Aruan, Hutajulu, Sibarani, Sibuea, Pangaribuan, Hutapea)
3. Silahi Sabungan (Silalahi, Sihaloho, Situngkir, Sondi, Sinabutar, Sinabariba, Sinabang, Pintubatu, Tambun, Tambunan)
4. Si Raja Oloan (Naibaho, Sihotang, Bakkara, Sinambela, Sihite, Manullang)
B. Raja Tunggul
1. Si Raja Sobu (Sitompul, Hasibuan, Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung,Hutapea/Tobing)
2. Siraja Sumba :
a. Sihombing (Silaban, Lumban Toruan, Nababan, Hutasoit)
b. Simamora (Purba, Manalu, Debataraja, Tuan Sumerhan)
3. Siraja Naipospos (Marbun: Lbn.Batu, Banjar Nahor, Lbn. Gaol, Sibagariang, Hutauruk, Simanungkalit, Situmeang)
Jadi kalau dilihat dari susunan silsilah tersebut diatas bisa disimpulkan bahwa Panjaitan adalah keturunan pertama dari Tuandibagarna, marga – marga dalam klan Tuandibagarna banyak juga bermukim di daerah Habinsaran, Panjaitan banyak bermukim didaerah Tornagodang (Parsoburan Barat), Silitonga agak jarang tetapi ada juga mereka pada umumnya berasal dari Sipahutar, Siagian banyak bermukim di Batuhallung dan Lumban Pinasa, Sianipar banyak bermukim diLumban Balik dan sekitarnya.

Panjaitan adalah anak dari “TUAN DIBANGARNA” dan cucu dari “SIBAGOT NI POHAN”. Ia anak tertua dari 4 bersaudara, berturut2 adiknya adalah: SILITONGA,  SIAGIAN & SIANIPAR.
Panjaitan mempunyai istri boru Hasibuan, oleh sebab itu Marga Hasibuan di sebut “BONA NI ARI BINSAR” bagi Marga Panjaitan.  Panjaitan mempunyai anak 1  yaitu “RAJA SITUNGO PANJAITAN”.
Panjaitan luar biasa...

No comments:

Post a Comment